June 13, 2021

Biografly Blog

Memberi inspirasi Tiada Henti

Tidak Hanya Baik untuk Diet, Berikut 5 Manfaat Berenang untuk Wanita

Manfaat Renang bagi kesehatan sangatlah penting, terutama bagi kaum wanita. Berenang merupakan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja dari segala usia. Berenang bukan hanya olahraga, tapi juga dijadikan sebagai hiburan dan kegiatan rekreasi menyenangkan serta dijadikan hobi bagi kebanyakan orang.

 

Berenang juga cukup populer di kalangan wanita dan dijadikan sebagai olahraga ketika tengah berdiet, karena mampu membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Selain itu, ada banyak manfaat lain dari berenang.

 

Manfaat Berenang untuk Wanita

Berenang merupakan olahraga yang cocok untuk banyak orang. Selain memiliki sifat low impact yang dapat membantu menurunkan berat badan juga dapat membantu wanita dalam mengurangi rasa tidak nyaman saat PMS. Berikut manfaat lain berenang bagi wanita:

 

  1. Mampu Mengurangi Risiko Penyakit Kanker Payudara

Selain mampu menjaga berat badan Anda, berenang juga mampu mencegah risiko wanita mengalami kanker payudara. Menurut penelitian Cancer Research Center di Seattle, Amerika Serikat tahun 2003, berenang menjadi salah satu olahraga yang mampu meningkatkan ketahanan saraf pada wanita.

 

Banyak perempuan yang merasa khawatir dengan bahaya terkena kanker payudara. Ternyata, Anda dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara dengan melakukan olahraga renang minimal 30 menit sehari atau melakukannya 2-3 kali seminggu.

 

  1. Menguatkan Rahim Ibu Hamil

Manfaat Renang lainnya adalah mampu membantu menguatkan rahim ibu hamil. Faktanya, berenang akan membuat seluruh bagian tubuh bergerak terutama bagian kaki sehingga otot-otot pada bagian rahim serta panggul semakin kuat. Hal ini akan sangat bermanfaat membantu ibu saat proses kelahiran bayi.

Saat melahirkan, ibu harus mengejan agar bayi dapat dikeluarkan. Karena itu, otot-otot pada bagian rahim perlu diperkuat sehingga mempermudah proses persalinan. Anda bisa melakukan kegiatan berenang ringan pada masa kehamilan setidaknya 2 kali seminggu dengan lama 30 menit hingga 1 jam.

 

Selain membantu saat proses melahirkan, ternyata berenang juga mampu mengurangi risiko pembengkakan pada bagian tubuh seperti kaki saat kehamilan yang sering dialami ibu hamil.

 

  1. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Tulang dan sendi merupakan bagian tubuh yang berfungsi menjaga sistem gerak pada manusia. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi, salah satunya dengan berenang.

 

Memastikan sistem gerak tubuh dapat Anda lakukan dengan melakukan olahraga renang. Kesehatan tulang dan sendi akan tetap terjaga hingga usia senja dengan melakukan kegiatan berenang rutin, setidaknya 2 kali seminggu sejak muda.

 

  1. Mampu Mencegah Depresi

Lelah akibat bekerja terlalu keras dan rutinitas kehidupan yang monoton dalam mengurus rumah juga keluarga membuat seorang wanita mengalami stres bahkan depresi. Untuk mengurangi risiko ini, Anda bisa melakukan olahraga berenang. Karena berenang mampu mengobati perasaan hati dan menimbulkan efek bahagia yang membuat saraf menjadi rileks.

 

  1. Menjaga Kesehatan Paru-paru

Bukan hanya membuat seluruh tubuh bergerak, tapi berenang juga mampu melatih beberapa organ dalam manusia, salah satunya paru-paru. Berenang dapat membantu melatih Anda dalam mengatur pernapasan dengan lebih baik. Karena ketika menyelam oksigen merupakan hal yang sangat langka.

 

Paru-paru akan belajar bagaimana cara mengambil oksigen dan membuang karbondioksida lebih banyak sehingga kinerjanya lebih efisien. Jika Anda rutin melakukan olahraga berenang, kinerja paru-paru akan semakin efisien sehingga kesehatannya semakin terjaga.

 

Berenang merupakan kegiatan olahraga yang mudah dan dapat dilakukan siapa saja. Olahraga ini bermanfaat bagi siapa saja, terutama wanita. Manfaat berenang bagi wanita sangat banyak, apalagi jika dilakukan secara rutin.