Siapa Guru Besar dan Doktor Pertama di Indonesia?

1468
0
Share:

Tahukah Anda siapa guru besar dan doktor pertama di Indonesia? Diala Husein Jayadiningrat. Tapi entah kenapa, baru pada masa Presiden Joko Widodo negara memberikan tanda kehormatan kepadanya. Husein mendapat Bintang Budaya Parama Dharma, penyematan berlangsung di Istana Negara, 13 Agustus 2015, bersama KH Mustofa Bisri, Goenawan Soesatyo Muhammad, dan lain-lain.

Nama asli Husein adalah Pangeran Ario Hussein Jayadiningrat. Ia lahir di Kramatwatu, Serang, 8 Desember 1886. Husein merupakan penanggungjawab surat kabar bulanan berbahasa Sunda Sekar Roekoen yang diterbitkan oleh Perkoempoelan Sekar Roekoen. Cukup banyak pengalamannya di bidang persuratkabaran.

Husein merupakan salah satu pelopor tradisi keilmuan di Indonesia. Ketika masih remaja, ia dikenal sebagai pemuda yang pintar dan berbakat, baik dalam ilmu agama, maupun ilmu barat. Melihat bakat dan potensi yang dimiliki Husein, Snouck Hurgronje menyekolahkan Husein ke Universitas Kerajaan Leiden hingga meraih gelar doktor dengan disertasinya yang berjudul Critische Beschouwing van de Sadjarah Banten dan mendapat predikat cumlaude dari promotornya Snouck Hurgronje.

Disertasi Husein telah membuka jalan bagi penelitian tentang historiografi Indonesia sehingga ia pun dikenal pula sebagai “bapak metodologi penelitian sejarah Indonesia”. Dialah orang Indonesia pertama yang memperoleh gelar doktor dan guru besar pribumi yang pertama di Indonesia.

Ia pernah menjabat sebagai Direktur Pengajaran Agama. Pada zaman Jepang menjadi Kepala Departemen Urusan Agama. Tahun 1948 diangkat menjadi Mentri Pengajaran, Kesenian, dan Ilmu Pengetahuan pada masa pemerintahan presiden Sukarno. Tahun 1952 menjadi gurubesar Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Tahun 1957 menjadi pemimpin umum Lembaga Bahasa dan Budaya (LBB), merangkap sebagai anggota komisi.

Prof. Dr. Husein Jayadiningrat meninggal di Jakarta, 12 November 1960. Pertanyaan tentang kenapa Husein baru tahun 2015 mendapat penghargaan dari negara? Belum ditemukan jawabannya. Silakan Anda, para pembaca, menyelusuri dan menulis di sini.

Share:

Tinggalkan Balasan