January 23, 2021

Biografly Blog

Memberi inspirasi Tiada Henti

Komponen Mobil yang Penting untuk Diperiksa

Mobil merupakan kendaraan yang akan membantu Anda untuk melakukan perjalanan jauh dengan nyaman. Tidak terkena panas dan aman saat hujan turun. Di zaman yang semakin konsumtif, mobil sudah semakin banyak digunakan. Harga mobil yang tersedia pun beragam, dari yang terjangkau hingga yang termahal.
Anda bisa memilih tipe mobil yang disukai sesuai dengan budget yang dimiliki. Setiap mobil memiliki keunggulan tersendiri. Hanya saja Anda perlu tahu saat menggunakan mobil ada komponen yang harus selalu diperiksa. Ini komponen mobil yang penting untuk diperhatikan agar perjalanan selalu aman.
1.      Ban
Komponen yang akan diperiksa dan paling terlihat adalah ban. Anda perlu memeriksa keempat ban mobil untuk memastikan keamanannya. Mulai dari komposisi angin yang ada di dalam ban. Pengecekannya bisa dilakukan dengan membawa mobil ke bengkel agar lebih pasti. Lalu mengecek kondisi ban masih memiliki garis anti slip atau tidak. Jangan membawa mobil dengan kondisi ban yang sudah mulai licin. Ini berbahaya terutama untuk perjalanan jauh.
2.      Rem
Komponen yang Anda periksa selanjutnya adalah rem. Komponen ini sangat penting untuk keselamatan Anda. Periksa rem dengan teliti jangan sampai melakukan kesalahan karena akan menyebabkan risiko yang besar. Rem ini pun harus diperiksakan ke bagian bengkel mobil agar bisa memastikan kondisi rem masih aman atau perlu penggantian.
3.      Gas dan Kopling
Komponen mobil berikutnya yang perlu mendapatkan perhatian adalah bagian gas dan kopling. Komponen ini merupakan bagian transmisi yang sangat penting bagi mobil. Komponen ini menentukan kecepatan dan keamanan perjalanan yang akan dilakukan. Perawatan yang perlu dilakukan untuk komponen ini agar terjaga lebih lama adalah rutin melakukan penggantian olinya.

4.      AC
Perjalanan dengan mobil akan terasa nyaman ketika kondisi AC dapat digunakan dengan optimal. Penting untuk Anda memperhatikan komponen pendingin mobil. Komponen ini bermanfaat untuk menyerap panas mesin, sehingga bisa beroperasi dengan baik selama perjalanan tanpa adanya masalah. Mesin juga terhindar dari kondisi terlalu panas yang dapat mengganggu kenyamanan perjalanan.
Kerusakan pada komponen ini biasanya terjadi pada bagian radiatornya. Jadi ketika AC tidak dingin ini menandakan ada kerusakan pada bagian radiator. Lakukan pemeriksaan dengan cermat sebelum melakukan perjalanan yang jauh.
5.      Klakson dan Stater
Komponen berikutnya adalah klakson dan stater. Penting untuk Anda memeriksanya karena komponen ini berhubungan dengan kondisi baterai mobil. Jika bagian stater dapat menyala, tetapi mulai lambat dan bagian klakson tidak terdengar. Kondisi ini sudah menandakan baterai mobil mulai bermasalah.
Anda perlu melakukan penggantian baterai atau mengecesan baterai. Lakukan konsultasi dengan pihak otomotif atau bengkel agar mendapatkan solusi terbaik. Sebab, baterai yang mulai memburuk akan membuat Anda berisiko mengalami mogok di tengah perjalanan.
6.      Pelumas
Komponen yang tak kalah penting untuk diperhatikan pada mobil adalah bagian pelumasnya. Komponen ini untuk mencegah terjadinya kehausan pada komponen lain. Pelumas mobil yang tetap stabil membantu mengurangi terjadi kondisi panas pada komponen lainnya. Pelumas ini juga bermanfaat untuk melumasi bagian mesin mobil yang hidup selama dikendarai. Manfaat lainnya untuk mengeluarkan sisa-sisa kotoran dari gesekan komponen mesin.
Mobil yang Anda gunakan memerlukan servis yang dilakukan secara rutin minimal 3 bulan sekali atau disesuaikan dengan pemakaian. Bawalah mobil ke bengkel yang resmi agar bisa mendapatkan pemeriksaan komponen mobil dengan lebih detail. Jika terjadi kerusakan dan harus melakukan penggantian, Anda bisa mendapatkan barang yang original.