Kisah Popularitas Ridwan Kamil

1296
1
Share:
Ridwan Kamil

Menjelang perhelatan pemilihan gubernur Jawa Barat, sosok Ridwan Kamil masih menjadi top survei hampir di semua lembaga. Bagaimana kisah awal menanjaknya popularitas Ridwan Kamil di Indonesia?

Kala itu, Kota Bandung seolah bergetar. Kemenangan Ridwan Kamil menggetarkan politik Jawa Barat. Sampai-sampai enam pasangan pesaingnya, kecuali pasangan nomor urut 6, menggugat kemenangan Ridwan Kamil ke Mahkamah Konstitusi (MK). Ia dituduh karena keberpihakan KPU Kota Bandung yang membuat maskot dengan lambang tangan empat jari. Kemudian penggelembungan suara karena KPU Kota Bandung mencetak surat suara lebih dari 2,4% jumlah DPT. Terakhir, kampanye gelap dengan ditemukan banyak surat suara yang rusak, serta tudingan money politic.

Kuasa hukum 6 pasangan menduga Ridwan Kamil dan pasangannya telah melakukan pelanggaran pemilu yang dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan terencana (TST). Sedihnya, semua tuduhan itu dimentahkan MK yang menolak keseluruhan permohonan pemohon (6 pasangan). Hakim MK mempertimbangkan dalil KPU Kota Bandung, maskot dengan empat jari sudah dibuat sejak 2008, atau sebelum penetapan nomor urut calon.

Soal kelebihan surat suara terjadi karena pencetakan dilakukan sebelum finalisasi pemutakhiran DPT, dan kemudian terbukti memang ada surat suara yang rusak sebanyak 28.000 lembar dan masih tersimpan di gudang KPU Kota Bandung. Sedangkan tuduhan politik uang tak terbukti alias lemah.

Alhasil, rapat pleno terbuka KPU Kota Bandung padab 28 Juli 2013 menetapkan pasangan nomor urut 4 Ridwan Kamil-Oded M Danial sebagai pemenang dengan 434.130 (45,24%) suara, diusung oleh PKS dan Gerindra dalam Pilwakot Kota Bandung, 23 Juni 2013.

Munculnya Ridwan Kamil yang aslinya seorang arsitek ke panggung politik memang unik dan menarik.  Dahsyat bin ajaib, ia mampu mengungguli 7 pasangan lainnya dengan angka yang sangat telak. Bahkan pemenang kedua dalam Pilwakot Bandung 2013 tidak meraih sampai setengah suara yang diperoleh Ridwan Kamil. Apa saja penyebab kemenangannya?

Ridwan Kamil yang muda, segar, kreatif, bersih, punya banyak prestasi dianggap pas untuk membawa perubahan di kota Bandung. Ridwan Kamil dianggap punya ide-ide kreatif dan segar dalam kampanye yang dijalaninya. Bagi komunitas kreatif di bandung, terutama Bandung Creative City Forum (BCCF) atau Perkumpulan Komunitas Kreatif Kota Bandung, Ridwan Kamil bukan orang asing.

Ridwan Kamil adalah salah seorang pendiri BCCF sejak 21 Desember 2008. BCCF sendiri dianggap punya andil cukup besar dalam mewarnai wajah Bandung dengan kegiatan kreatif selama 10 tahun terakhir sebelum Pilwakot 2013 digelar. Sementara Oded dinilai sebagai tokoh bersahaja dan bersih karena selama menjadi anggota DPRD kota Bandung dalam  dua periode (10 Tahun), ia tidak punya kendaraan roda empat, dan rumah yang ditinggalinya sangat sederhana.

Itulah Ridwan Kamil. Ia lahir di Bandung pada tanggal 4 Oktober 1971, anak kedua dari lima bersaudara. Nama lengkapnya Mochamad Ridwan Kamil S.T. MUD, lulusan ITB dan University Of California, Amerika Serikat.

Selamat berjuang di Pilgub Jabar, Kang Emil!

Share:

1 comment

  1. Jawa Barat – Litsus Pilkada 2018 24 Februari, 2018 at 05:26 Reply

    […] Siliwangi Rekam jejak lain-lain –turut menggagas gerakan Indonesia Berkebun (2010) –salah seorang pendiri Bandung Creative City Forum (BCCF) pada 2008 dan menjabat ketua BCCF (2008-201…. Sempat ada dugaan kasus korupsi terkait hibah dana bansos Pemkot Bandung ke BCCF (2012) sehingga […]

Tinggalkan Balasan