Benarkah John Lennon Wafat di Usia Muda?

1312
0
Share:

John Winston Lennon nama lengkapnya, musisi asal Inggris  memulai karir bermusiknya bersama The Quarrymen. The Quarrymen ia bentuk tahun 1957 bersama dengan Paul McCartney. Kemudian turut bergabung George Harrison dan Stuart Sutcliffe.

The Quarrymen kemudian menjadi awal dari terbentuknya The Beatles, band yang melambungkan namanya sebagai musisi. Lennon berhasil mencetak hits-hits dan mencapai popularitas tertinggi dalam dunia musik bersama The Beatles.

“The Beatles lebih popular daripada Yesus” ungkapnya suatu ketika.

Selorohnya itu  mengundang kontroversi. The Beatles sampai dicekal di radio-radio. Aksi protes di mana-mana. Lebih dari itu, pembakaran album The Beatles tak luput jua. Tak lama setelah itu barulah Lennon meminta maaf di hadapan publik.

Tahun 1970, perjalanan Lennon bersama The Beatles usai sudah. Ia merasa tidak cocok lagi menemani McCartney. I lantas mengundurkan diri, membubarkan The Beatles, dan memilih untuk bersolo karir.

If someone thinks that love and peace is a cliche that must have been left behind in the Sixties, that’s his problem. Love and peace are eternal.

And so this is Xmas for black and for white, for yellow and red, let’s stop all the fight.

All we are saying is give peace a chance.

If everybody wished for peace instead of another television set, then there would be peace.

Sisi lain dari Lennon, selain musisi, ia juga aktivis perdamaian. Pemikirannya soal perdamaian dunia banyak tertuang dalam quotes-quotes dan lagu. Misalnya “Give Peace a Chance” dan “Imagine” yang sangat populer sampai hari ini. Solo karirnya Lennon tak lepas dari peran sang istri, Yoko Ono.

Lagu “Give Peace a Chance” direkam saat Lennon dan Ono mengadakan acara “Bed-in for Peace” di Montreal tahun 1969. Hingga saat ini kedua lagu tersebut menjadi “lagu kebangsaan” perdamaian. Selain itu, Lennon juga tampil dalam acara “Free John Sinclair” yang merupakan konser untuk menuntut agar John Sinclair, seorang aktivis antiperang, dibebaskan. Dan 3 hari kemudian Sinclair dibebaskan.

Lennon lahir pada 9 Oktober 1940, dikenal sebagai musisi rock, pencipta lagu, dan aktivis perdamaian. Sayangnya, umur Lennon tak panjang. Tanggal 8 Desember 1980, Lennon meninggal karena ditembak oleh David Chapman, seorang penggemarnya.

Kematian musisi dunia dan tokoh perdamain ini selalu dikenang oleh seluruh penggemarnya. Kenangan terhadap Lennon tercurah di The Strawberry Fields Memorial di Central Park, New York, yang juga menjadi tempat untuk mengenang peristiwa 11 September dan kematian George Harrison. (Biored)

Share:

Tinggalkan Balasan