5 Perempuan Paling Berpengaruh di Indonesia 2017

1132
0
Share:

Globe Asia merilis 99 perempuan paling berpengaruh di Indonesia. Globe Asia memberikan peringkat penghargaan ke beberapa perempuan berprestasi sebagai orang paling berpengaruh di Indonesia.

Beberapa diantaranya diduduki oleh para menteri, politisi, anggota DPR, pengusaha, atlit, hingga perempuan dermawan yang mendedikasikan waktunya untuk kegiatan sosial dan memiliki kontribusi bagi rakyat dan negara. Nah, berikut 5 besar perempuan berpengaruh di Indonesia:

1. Megawati Soekarnoputri
Ketua Umum PDI-P, Mantan Presiden RI

Megawati mempertahankan kepemimpinannya yang kuat. Ia dapat mengatasi hubungannya dengan Presiden Jokowi yang sebelumnya ditengarai sempat tegang. Mega mempertahankan keragaman Indonesia dan hidup sesuai dengan prinsip yang ditetapkan oleh ayahnya, Presiden Soekarno.

Megawati sangat menonjol dalam mempertahankan peran sentral ideologi Pancasila. Sampai saat ini di PDI-P dia masih menjadi soosk yang terkuat.

2. Iriana Joko Widodo
Ibu negara Indonesia

Iriana Joko Widodo terus mempertahankan profilnya yang rendah hati. Lebih memilih supaya suaminya untuk lebih berperan dalam panggung utama kehidupan politik. Sebagai istri, Iriana menjadi sosok wanita tradisional Jawa dan sepenuh hati mendukung karir suaminya. Ibu dari tiga anak, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep ini telah mendapat pujian dari banyak kalangan sebagai simbol kesederhanaan, dedikasi dan kebijaksanaan.

Iriana juga membantu mempromosikan peran perempuan dengan mendukung kerajinan dan industri kreatif lainnya dan telah aktif mempromosikan program pembangunan manusia Indonesia di bidang pendidikan dan perawatan kesehatan.

3. Mufidah Kalla
Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla

Mufidah dan Wakil Presiden Jusuf Kalla baru-baru ini merayakan ulang tahun emas pernikahan mereka.Mengadakan pesta meriah di sebuah hotel di Jakarta Selatan. Mufidah Miad Saad, menikah dengan Jusuf pada tahun 1967. Ia lahir di Sibolga, Sumatra Utara pada tahun 1943 dan bertemu dengan Jusuf di SMA, Makassar.

Pasangan ini memiliki lima anak: Muchlisa, Muswirah, Imelda, Solichin dan Chaerani. Mufidah lebih mengutamakan merawat dan mengurus keluarga. Ia juga memimpin Dewan Kerajinan Indonesia (Dekranas), yang perannya mendukung industri kreatif, menyiapkan pengerjaan berkualitas tinggi dan mendorong kerja sama antar organisasi untuk menumbuhkan industri kreatif nasional.

4. Sri Mulyani Indrawati
Menteri Keuangan

Sri Mulyani (55) menunjukkan kualitasnya dengan mengelola anggaran nasional unutk mencapai hasil yang optimal. Ia dipuji karena memimpin program amnesti pajak yang berakhir pada tanggal 31 Maret, yang secara luas diakui sebagai salah satu program yang paling berhasil. Sri Mulyani tidak anti kritik, tidak terkecuali dengan meningkatnya tingkat hutang nasional yang kini mencapai $333 miliar.

Dia telah menolak kritik tersebut, menunjukkan bahwa tingkat hutang jauh di bawah jumlah negara lain, termasuk negara maju, dan perlu dilihat dalam konteks GDP Indonesia yang sedang berkembang. Mantan direktur pengelola Bank Dunia telah memimpin kementerian untuk menjadi lebih profesional, akuntabel dan transparan.

5. Rini Soemarno
Menteri BUMN

Rini Soemarno, 58, terus mengelola aset perusahaan negara sekitar $ 550 miliar meski ada rumor yang kuat di awal tahun bahwa dia akan dipindahkan dari pemerintahan Presiden Jokowi. Sebagai pendukung awal presiden, agenda utamanya adalah mengurangi sektor BUMN dari tingkat saat ini 119 perusahaan, menjadi sekitar 85.

Dia melaksanakan rencana yang telah lama dibahas untuk menciptakan perusahaan induk, dengan perhatiannya saat ini, peningkatan peleburan aluminium PT Inalum sebagai holding company untuk kepentingan pertambangan negara. Itu akan menjadikannya pemeran utama dalam pemindahan saham penambang emas dan tembaga PT Freeport Indonesia.

Ia lahir dan dididik di AS, putri Gubernur dan Menteri Keuangan Bank Indonesia Sukarno Soemarno ini adalah anggota terkemuka komunitas bisnis sebelum menjabat sebagai menteri industri dan perdagangan di bawah Presiden Megawati Soekarnoputri.

 

Share:

Tinggalkan Balasan