April 21, 2021

Biografly Blog

Memberi inspirasi Tiada Henti

5 Penemuan Teknologi Terkini yang Mencengangkan

Kecanggihan teknologi yang ditemukan para ilmuwan semakin berkembang. Tak heran kalau penemuan teknologi terkini sering membuat banyak orang berdecak kagum. Berikut pilihan terobosan teknologi terbaik selama tahun 2018 yang berhasil dirangkum MIT Technology Review.
  1. Artificial Embryos
Pemain kunci dalam penemuan teknologi ini adalah Universitas Cambridge, Universitas Michigan dan Universitas Rockefeller. Ya, penemuan ini menggemparkan dunia karena tanpa sel telur atau sperma, para peneliti membuat struktur embrio buatan dari sel induk yang menyediakan rute baru kehidupan. Penemuan ini diyakini bisa memberikan ilmu pengetahuan mengenai misteri awal kehidupan manusia meski memicu debat bioetika baru.
  1. Sensing City
Sensing City alias kota yang bisa merasakan mungkin terdengar cukup asing di telinga. Penemuan ini merupakan terobosan anyar yang telah diumumkan pada bulan Oktober 2017 lalu dan baru akan memulai konstruksi pada tahun 2019 ini.
Pemain kunci dalam penemuan teknologi ini adalah Sidewalks Labs dan Waterfront Toronto yang berupaya membuat lingkungan Toronto yang terintegrasi desain perkotaan mutakhir dan teknologi digital mutakhir. Nah, pernahkah Anda membayangkan sebuah kota pintar yang terjangkau, ramah lingkungan dan layak huni?
  1. Babel Fish Earbuds
Ya, penemuan teknologi terkini ini menjadi salah satu alat pendukung telekomunikasi yang paling digemari. Pasalnya, Babel Fish Earbuds membantu menerjemahkan bahasa dalam komunikasi global. Pelopor teknologi yang mudah digunakan dan telah ada saat ini adalah Google dan Baidu.
  1. Zero Carbon  Natural Gas
Teknologi yang digagas oleh pemain kunci yaitu 8 Rivers Capital, Exelon Generation dan CB&I ini baru akan terwujud dalam rentang waktu 3-5 tahun mendatang. Teknologi ini sangat berfungsi untuk menangkap karbon yang dilepaskan dari sisa pembakaran alam sehingga bisa menghindari emisi gas rumah kaca.
Pembangkit listrik efisien dan murah yang diharapkan bisa menopang kehidupan masyarakat modern nantinya. Seperti yang diketahui bahwa 32% listrik Amerika Serikat ditopang oleh gas alam sehingga perlu menciptakan teknologi gas alami tanpa emisi karbon.
  1. Genetic Fortune Telling
Pembacaan ramalan genetika sudah ada saat ini yang dipelopori oleh Helix, 23andMe,Myriad Genetics, UK Biobank dan Broad Institueix. Para ilmuwan bisa memprediksi kemungkinan seseorang terkena penyakit hingga level IQ berdasarkan genom saja.
Penemuan teknologi terkini berbasis DNA ini dipercaya bisa meningkatkan kemajuan kesehatan masyarakat umum. Hanya saja ada efek samping yang dikhawatirkan yaitu bisa menciptakan diskriminasi genetik.

  1. Dueling Neureling Networks
Merupakan teknologi mutakhir seputar dua sistem Al dapat berdebat satu sama lain  untuk menciptakan gambar atau suara yang orisinal. Penemuan ini bisa memberikan daya imajinasi pada mesin sehingga mengurangi ketergantungan mereka pada manusia.
Temuan ini dipelopori oleh Google Brain, Deepmind dan Nvidia. Ada satu kekhawatiran yang membarengi penemuan teknologi canggih ini yaitu mesin bisa menjadi alat yang kuat melakukan pemalsuan digital.
  1. Charger Tenaga Air
Perusahaan asal Swedia, myFC merancang sebuah teknologi charger tenaga air yang diberi nama PowerTrekk. Tak hanya bisa mengisi daya ponsel saja, charger tenaga air yang mengubah air menjadi hidrogen dan memicu reaksi kimia bisa juga diaplikasikan pada peralatan lain seperti kamera digital, notebook dan lain-lain. Lebih hemat listrik, bukan?
Penemuan teknologi terkini memang sering menciptakan pro dan kontra terkait manfaat serta akibat yang ditimbulkan. Terobosan teknologi yang semakin canggih tentu akan membantu kehidupan manusia lebih baik lagi. Dari daftar yang telah disebutkan di atas, mana teknologi favorit Anda?