Hidup Sehat dengan Air Putih

Explore – Teman-teman sudah yakin bahwa apa yang kita konsumsi setiap hari sudah baik untuk tubuh kita? Banyak banget makanan yang sebenarnya kalo kita konsumsi di tubuh kita adalah “sampah”,  makanan-makanan yang sebenarnya gak dibutuhkan oleh tubuh, seperti makanan-makanan fast food, makanan berlemak, makanan olahan dengan kandungan aditif yang banyak dan lain sebagainya. 
Dalam tubuh, kita punya sungai-sungai yaitu pembuluh darah besar maupun kecil. Sungai-sungai itu akan mengalir lancar jika tidak ada sampah yang menyumbatnya seperti sungai-sungai yang ada di sekitar kita yang dia akan mengalir deras ke lautan jika tidak ada sampah di aliran itu. Sungai-sungai dalam tubuh kita dapat tersumbat oleh sampah-sampah makanan yang kita konsumsi, akibatnya macet, dan kalau dalam tubuh sudah mampet bahaya doang ya, karena apa? Karena sungai-sungai atau pembuluh darah dalam tubuh kita fungsinya untuk mengalirkan oksigen dan juga nutrisi-nutrisi ke seluruh bagian tubuh.
 
Lah kalo tersumbat apa yang terjadi, organ-organ vital kita tidak bisa bekerja dengan baik. Air-air sungai yang tercampur “sampah” dalam tubuh kita (darah) akan meningkatkan kekentalan dan akibatnya akan memperberat kerja jantung dan bisa terjadilah hipertensi dan penyakit lainnya. 
Pada sungai jika banyak sampah di dalamnya, untuk melancarkan alirannya maka dibutuhkan volume air yang banya dan tekanan air yang kuat sehingga bisa mendorong sampah-sampah itu keluar dan membawa aliran air ke lautan. Begitupun sungai-sungai atau pembuluh darah yang ada dalam tubuh kita jika kita banyak mengkonsumsi makanan-makanan sampah maka untuk menghilangkan atau membuang sampah-sampah itu juga harus ditambah volume airnya. Jadi kita harus menambah porsi minum kita. Minum air putih loh ya bukan air sirup, air susu, dan lain sebagainya. Dengan minum air yang banyak nanti sampah-sampah akan terbuang keluar tubuh dalam bentuk keringat, urin, dll.
Terus taunya kurang air gimana? Gampang banget tinggal kita cek urin kita. Jika berwarna kuning pekat berarti masih kurang air yang kita minum dan apabila suda jernih berarti sudah cukup. Tapi bukan berarti kalau sudah jernih sudah gak perlu minum air lagi, apalagi kalau kita suka mengkonsumsi makanan-makanan “sampah”. Ya ibaratnya konsumsi makanan “sampah” harus berbanding lurus dengan konsumsi air kita setiap harinya, lebih-lebih kalau bisa menjalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk tubuh.
Lalu berapa liter air yang harus kita konsumsi setiap harinya? Sebenarnya sehari kita minum dua liter air sudah cukup tetapi balik lagi karena setiap hari kita sering banget terpapar dengan makanan-makanan yang mengandung bahan “sampah” maka kita juga perlu mngkonsumsi air dalam jumlah yang lebih. Banyak rumusnya sebenarnya, tapi kita buat yang gampang aja lah ya. Jadi sehari minumlah air putih (mineral ya bukan kopi, susu, dll) 5×400-500 ml sekali minum. Biar gampang dan selalu inget kita buat 5x seperti sholat kita. Jadi bisa minum setiap akan atau selesai sholat. Kalau kita bisa rutin seperti itu kita bisa minum sebanyak 2000-2500 ml per hari belum lagi ditambah jika kita minum saat selesai makan. Waah malah lebih banyak lagi. 
Kalau udah gitu pasti tubuh kita bakal seneng banget karena dialiri air yang deras. Sampah-sampah akan terbuang dan tubuh kita menjadi bebas sampah dan sehaaaat. Dan pastinya jangan lupa jangan konsumsi makanan sampah kasihan tubuh kita. Dah gitu aja!

Related Posts